Friday, October 7, 2011

Go Green!!!

Udara semakin panas ya? Kalau musim hujan banjir jadi langganan. Pasti banyak yang bilang "efek global warming, nih. Kita harus lebih manjaga lingkungan."
Hmmm... bagaimana cara kita menjaga lingkungan? Kita bukan milyuner yang bisa membeli ribuan hektar tanah untuk dijadikan hutan, kita juga nggak mampu beli mobil hybrid yang harganya selangit.
Eits, jangan pesimis dulu. Banyak kok hal kecil yang bisa kita lakukan untuk mencegah bumi kita dari kerusakan yang lebih parah. Contohnya:

1. Kurangi Penggunaan Plastik

Plastik adalah barang yang bisa kita temui dimana-mana. Mulai dari sedotan hingga lemari. Plastik menjadi pilihan banyak orang karena ringan, praktis, tidak mudah pecah dan harganya yang relatif murah. Selain itu warna dan bentuknya juga bermacam-macam. Tapi tahukah kita bahwa plastik adalah benda yang sukar terurai? Butuh waktu 1000 tahun agar plastik dapat diuraikan oleh mikroorganisme. 1000 tahun!!! Bayangkan, sudah berapa banyak sampah plastik yang menumpuk karena ulah kita? Butuh berapa ribu tahun agar sampah-sampah itu dapat terurai?
Kurangi penggunaan plastik mulai sekarang! Hal sederhana yang dapat kita lakukan adalah membawa tas sendiri saat berbelanja. Untuk belanja kebutuhan rumah tangga yang bersifat kering di supermarket kita dapat memakai tas kanvas. Jelas, penampilan jadi lebih gaya daripada menjinjing tas kresek :D Kalau belanjaan cuma sebiji dua biji mending nggak usah pakai tas sekalian. Masukin aja ke saku baju atau dibawa pake tangan.

2. Hemat Energi
Energi bermacam-macan bentuknya. Namun yang paling akrab dengan kita pasti energi listrik dan energi kimia (berupa bahan bakar). Cara menghemat listrik pasti semua udah pada tahu. Matikan peralatan elektronik yang tidak sedang digunakan, seperti lampu, komputer, AC, kipas angin, dan sebagainya. Mungkin pada awalnya kita memang malas. Kalau keluar kamar lampu dan AC dibiarkan menyala begitu saja. Tapi percaya deh, kalau sudah terbiasa tangan kita dengan sendirinya akan bergerak ke arah saklar lampu saat akan keluar kamar.
Cara menghemat BBM pun juga seperti itu. Kita juga harus mulai dari hal kecil seperti berjalan kaki atau naik sepeda untuk tujuan dekat. Kalau sekedar mau ke warung buat beli obat nyamuk, ngapain sih pake motor? Naik sepeda atau jalan aja. Sehat, ramah lingkungan dan membakar kalori :D

3. Menanam Pohon
Hanya sedikit yang sadar bahwa pohon adalah makhluk luar biasa yang dapat mengubah gas CO2 (karbondioksida) si biang keladi efek rumah kaca menjadi O2 (oksigen) yang kita hirup setiap hari. Jangan biarkan lahan di sekitar rumah kita kosong dan tandus. Segera tanami! Bagi yang tidak memiliki lahan dapat menggunakan pot. Tumbuhan yang dapat ditanam juga bervariasi. Mulai dari tumbuhan berbunga buat yang gemar koleksi bunga. Atau dengan tanaman TOGA mungkin? Kunyit, lengkuas, jahe, temulawak, dll. Bisa juga ditanami sayuran seperti tomat, cabai, sawi. Ibu pasti seneng deh kalau bumbu dapurnya tersedia di halaman rumah, hehe... Tanaman buah juga oke, tuh. Mangga, jambu, rambutan, pisang, nangka....
Nggak ada ruginya kok menanam pohon. Hasilnya bisa kita ambil baik itu berupa buah, sayur, bunga maupun umbi. Selain itu udara menjadi lebih sejuk dan lingkungan sekitar juga menjadi lebih teduh. Nah, kalau sudah begini siapa yang perlu pake AC?
Taman juga akan mengikat air di dalam tanah sehingga kita tidak perlu mengkhawatirkan suplai air di musim kemarau.

4. Menghemat Penggunaan Kertas
Bahan baku kertas adalah batang pohon. Semakin banyak kertas yang kita pakai, semakin banyak pula pohon yang ditebang :( Untuk mencegahnya, coba deh mulai sekarang kita menghemat kertas. Kalau cuma mau menghitung soal matematika nggak perlu pakai kertas baru kan? Pakai aja buku tulis sisa atau kertas-kertas sisa yang tak terpakai. Buku-buku bekas yang sudah terbengkalai jangan buru-buru dibakar atau dibuang ke tempat sampah. Sumbangkan aja ke perpustakaan yang membutuhkan atau ke taman baca di panti-panti asuhan. Pakai e-book juga oke banget, tuh! Mantap abis buat menghemat kertas.

Keempat hal diatas adalah tindakan kecil yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan bumi. Terlihat sepele memang, tapi bayangkanlah bagaimana hasilnya apabila setiap orang mau menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Contoh gampangnya: bila setiap 1 orang menanam 1 pohon sebulan sekali, ada berapa milyar pohon di seluruh dunia yang tertanam selama 1 tahun? WOW!!
Bumi ini bukan hanya kita yang menikmatinya. Anak cucu kita juga akan merasakannya kelak. Apa yang dapat kita wariskan kepada mereka apabila bumi semakin panas dan tandus? Yuk, selamatkan bumi mulai dari diri kita, sekarang!!

No comments: