Tuesday, May 26, 2009

Sistem Indra (Indra Pendengar)



1) Struktur telinga
Telinga terdiri atas tiga bagian, yaitu:
a) Telinga luar
Telinga terdiri atas daun telinga dan lubang telinga. Telinga luar berfungsi mebantu memusatkan bunyi yang masuk ke dalam saluran telinga dan menggetarkan gendang telinga (membran timpani).
b) Telinga tengah
Pada telinga tengah terdapat tiga tulang pendengaran (osikel), yaitu martil (maleus), landasan (inkus) dan sanggurdi (stapes). Ketiga tulang tengah berfungsi mengurangi intensitas suara guna menghindari kerusakan struktur telinga dalam. Pada telinga tengah juga terdapat saluran Eustachius yang menghubungkan ruang telinga dan faring.
c) Telinga dalam
Telinga dalam tersusun atas rumah siput (koklea) dan saluran gelung (labirin). Koklea merupakan saluran melingkar yang di dalamnya terdiri atas tiga ruangan, yaitu skala vestibule, skala media dan skala timpani. Kolea berisi cairan limfa. Permukaan dalamnya merupakan tempat bermuara saraf-saraf yang sangat peka terhadap getaran.

2) Mekanisme mendengar pada manusia
Gelombang suara yang datang akan ditangkap telinga luar.gelombang suara tersebut akan menggetarkan membran timpani (gendang telinga). Getaran ini akan diteruskan ke tulang-tulang pendengaran hingga menyebabkan tingkap jorong juga ikut bergetar. Getaran tingkap jorong akan menggetarkan cairan di dalam koklea. Cairan yang bergetar ini menstimulus ujung-ujung saraf pendengar (saraf otak VIII) yang terdapat pada bagian dalam permukaan koklea (organ korti). Ujung-ujung saraf ini akan meneruskan impuls ke otak besar. Otak besar menerima impuls dan menerjemahkannya, yang akan kita persepsikan sebagai suara.

No comments: